Resep Membuat Kue Nastar Nanas Yang Enak Dan Lembut


Apabila Hari Raya tiba, maka disetiap rumah akan banyak kita temukan berbagai macam makanan mulai dari ketupat dan opor ayam, kue-kue kering, atau kue-kue kalengan yang biasa kita beli di toko-toko keu/makanan, nah salah satu kue yang tak ketinggalan dan selalu hadir jika perayaan hari raya tiba adalah kue nastar, di penjual-penjual kue, kue nastar biasa dijual kisaran antara 30 ribu sampai 50 ribuan, nah daripada kita beli mending kita buat sendiri aja yuk.


Bahan-bahan Kue Nastar Nanas :


  • Mentega 150 gram
  • Margarin 100 gram
  • Gula halus 90 gram
  • Kuning telur 3 butir
  • Susu bubuk 50 gram
  • Tepung terigu protein rendah 350 gram ( bisa pakai bogasari kunci biru )
  • Vanilli ekstrak 1 sendok teh


Bahan Olesan Kue Nastar Nanas :


  • Kuning telur 2 butir
  • Madu 1/2 sendok teh
  • Air 1 sendok teh
  • Minyak goreng 1 sendok teh


( Untuk bahan olesan , teman-teman dapat juga menggunakan pengoles instan yang dijual dipasaran seperti merk OVEX )

Bahan-bahan Selai Nanas :


  • Nanas palembang 1 buah ( kupas , lalu diparut atau diblender )
  • Gula pasir 200 gram
  • Kayu manis 2 batang
  • Cengkeh 3 butir


Cara Membuat Selai Nanas :

Langkah awal masak nanas , kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan menjadi agak lengket .
Selanjutnya masukkan gula pasir , aduk hingga air habis dan adonan menjadi selai dan bisa dibentuk .
Setelah itu dinginkan selai nanas dan bentuk bulat-bulat atau sesuai keinginan . lalu jika selai dirasa terlalu lengket , kalian bisa masukkan selainya ke dalam lemari es terlebih dahulu hingga selai agak keras .

Cara Membuat Kue Nastar Nanas :

Langkah awal dengan menggunakan mixer , kocok mentega , margarin , gula halus dan vanili sebentar saja hanya agar adonan lembek dan tercampur rata saja . lalu masukkan kuning telur satu persatu , aduk rata . matikan mixer .
Setelah itu masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit , aduk dengan sendok kayu atau spatula hingga semua bahan tercampur rata . bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan adonan di dalam kulkas kurang lebih selama 1 jam .
Selanjutnya keluarkan adonan , bagi menjadi beberap bagian . gilas adonan dengan ketebalan yang diinginkan kemudian cetak menggunakan gelas . sisa adonan sebaiknya dikembalikan ke dalam kulkas . isi adonan dengan selai yang sudah dibuat tadi , lalu bulatkan .
Tata kue diatas loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak , beri jarak antar kue jangan terlalu berdekatan . kemudian panggang didalam oven yang telah dipanaskan kurang lebih selama 20 menit sebelumnya kurang lebih selama 20 menit atau 3/4 matang . set oven disuhu 150 derajat celcius saja tidak boleh terlalu tinggi .
Keluarkan kue dari oven , lalu olesi dengan bahan pengoles keseluruh permukaannya hingga rata . kemudian panggang kembali hingga matang atau berwarna kuning kecoklatan , kurang lebih selama 15 menit .
Biarkan kue mendingin kemudian pindahkan ke rak kawat hingga dingin sempurna sebelum dimasukkan ke dalam toples kedap udara .
Resep Kue Nastar Nanas Enak Lembut siap disajikan .
Target dalam resep kue nastar ini adalah kue nastar yang enak , empuk dan lumer di mulut . untuk hasil yang sempurna kami akan memberikan beberapa Tips Untuk Menghindari Kue Menjadi Mengeras seperti berikut ini .

Tips Membuat Kue Nastar Nanas Agar Tidak Keras :

Pertama , jangan mengocok mentega atau butter terlalu lama , karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan .
Kedua , aduklah adonan dengan menggunakan spatula dan tidak langsung menggunakan tangan , karena panas tubuh kita akan membuat butter atau mentega menjadi mencarir .
Ketiga , terlalu sering menyentuh adonan saat proses mencetaknya akan membuat kue menjadi keras.
Keempat , agar ukuran kue sama , adonan selai dibentuk bola-bola terlebih dahulu , sisihkan . kemudian gilas adonan kue hingga ketebalanya sesuai dengan yang diinginkan dan cetak dengan gelas . buat satu kue dulu sebagai contoh dan teman-teman dapat jadikan contoh tersbut untuk mengerjakan semua adonan .
Kelima , jangan lupa gunakan gula halus dan bukan gula pasir . namun jika ingin menggunakan gula pasir , gula nya diblender terlebih dahulu hingga menjadi tepung .
Keenam , keluarkan kue dengan sedikit demi sedikit saat mencetak , lalu simpan sisa adonan didalam kulkas dengan menggunakan plastik wrap agar mentega tidak meleleh .

Tips Membuat Kue Nastar Nanas Agar Tidak Retak :

Pertama , jangan memanggang adonan dengan suhu yang terlalu tinggi . set oven di suhu 150 derajat celcius hingga 160 derajat celcius .
Selanjutnya untuk kulit nastar tidak boleh terlalu tipis atau isian selai jangan terlalu banyak atau besar. Semoga bermanfaat ya bun :)

0 Response to "Resep Membuat Kue Nastar Nanas Yang Enak Dan Lembut"

Posting Komentar